Kamis, 23 Juni 2016

Perkembangan Teknologi

HANDPHONE
HP-Android-Tercanggih
Waktu terus berjalan, dari detik ke menit hingga tahun ke abad. Seiring dengan berjalannya waktu, manusia terus berkembang dengan pesat. Kecanggihan serta teknologi turut mengikuti peradaban manusia.
Di era modern  ini barang–barang yang canggih sangat di butuhkan, apalagi untuk mencari sebuah informasi. Handphone, adalah bukti nyata dari perkembangan teknologi manusia itu sendiri.
Handphone adalah benda yang berukuran kecil dengan segudang fitur yang ada di dalamnya. Dengan kecanggihannya, banyak orang yang berburu benda unik ini. Tak hanya orang dewasa yang mempunyanyi benda ini, namun rejama hingga anak anak–anak juga memilikinya.
Informasi dan komunikasi menjadi  hal penting bagi setiap manusia untuk bersosialisasi. Alat ini berfungsi untuk memperlancar jaringan bersosial.  Mengirim pesan dan berbicara langsung dengan orang yang dituju mempermudah kegiatan berkomunikasi tanpa bertatap muka secara langsung.  Apa yang terjadi jika dunia tak mempunyai alat komunikasi seperti ini?
Penemu dari handphone ini adalah Dr. Martin Cooper, ia adalah mantan karyawan Motorola. Di tahun 1973, Dr. Cooper membuat handphone yang pertama. Lalu penerima panggilan pertama dari handphone adalah Joel Angel, kepala penelitian AT dan T. Bell Labs, sekaligus saingan Dr. Cooper. Namun ada juga yang mengatakan bahwa Dr. Cooper hanya membangun telepon radio sementara penemu handphone adalah AT dan T Bell Labs Tachnology.
Sekarang handphone telah dikembangkan sistem operasinya. Dengan sebutan smarthphone atau telephone pintar, pengguna dapat dengan bebas menambahkan aplikasi, menambah fungsi, maupun mengubah tampilan layar sesuai dengan keinginan pengguna. Dengan kata lain, smartphone adalah komputer mini yang mempunyai kapabilitas sebuah telephone.
Sejak akhir tahun 1990, pengguna handphone selalu bertambah termasuk kalangan remaja. Pada tahun 2005, sebuah penelitian mengungkapkan kurang lebih 33% remaja memiliki handphone. Dari 33% remaja yang melaporkan memiliki handphone, kurang lebih 64% mengatakan bahwa mereka secara rutin menggunakan telepon genggam tersebut untuk mengirimkan pesan singkat. (Lenhart Et al, 2005)
Saat ini pemakaian handphone di Indonesia terus mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama handphone yang memiliki program chatting/instan messaging. Pada tahun 2002 tercatat pengguna handphone di Indonesia mencapai 11,7 juta orang berdasarkan data statistik dari ITU (International Telecomunication Union, 2009). Lima tahun kemudian pengguna handphone di Indonesia mencapai 93 juta orang, dan pada tahun 2009 pengguna mencapai angka 159 juta jiwa.
Remaja adalah pengguna yang paling banyak memakai alat yang serba bisa ini. karenanya, banyak anak remaja sekarang yang merasa jika handphone adalah alat yang sangat di butuhkan untuk bersosialisasi. Tak hanya itu, permainan dan Instan massaging menjadi salah satu alasan yang membuat mereka membutuhkan benda ini. ketika mereka meniggalkan handphone dikala bepergian, banyak yang merasa keresahan di dalam dirinya karena handphone tak selalu di dalam genggamannya.
Di saat terbangun dari tidur, handphone adalah benda yang selalu di cari pertama kali. Hal ini seperti kebudayaan yang telah tercipta karena kecanggihan serta keberadaan dari alat ini. karenanya, banyak remaja yang sering melupakan waktu karena sibuk bermain handphone dan lalai dalam tugasnya. Inilah yang menjadi kekurangan dalam kecanggihan yang di sediakan oleh para manusia itu sendiri.
Maka dari itu, penting untuk kita mengatur waktu dalam bermain dan menggunakan handphone. Tak salah sesekali kita bermain dan bersenang senang dengan handphone yang kita miliki. Bukan hanya lalai dalam pekerjaan dan melupakan waktu yang kita dapatkan, tetapi handphone juga akan menjadi mudah panas dan rusak jika di mainkan secara berlebihan

Sumber: sejarah perkembangan HP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar